detikcom Do Your Magic: Before-after Pembersihan #CegahBanjir Kali Jambe

Bekasi

Kali Jambe di belakang Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek ini sempat dijejali sampah. Kini tumpukan sampah sudah diangkut. Berikut perbandingan kondisi kali sebelum (before) dan sesudah (after) pengangkutan sampah.

Lokasi aliran Kali Jambe yang semula dipenuhi sampah ada di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Di sebelahnya, ada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jatimulya.

detikcom Do Your Magic menyoroti kondisi pencemaran sungai ini mulai 22 Oktober 2021, bulan lalu. Warga menyampaikan harapannya agar aparat pemerintah Kabupaten Bekasi dapat mengangkut sampah ini sehingga kondisi Kali Jambe ini bisa lebih bersih.

Lurah Jatimulya Fickry Fauzi menjelaskan pengangkutan sampah di lokasi akan dilakukan setelah penanganan sedimentasi (endapan) Kali Jambe dekat crossing tol Jakarta-Cikampek (Tol Mohammad Bin Zayed/MBZ) selesai. Keberadaan RPH Jatimulya di dekat kali yang tetutup sampah menjadi masalah, karena RPH itu menghalangi jalan alat berat yang perlu dikerahkan untuk mengangkut sampah.

1 November, aliran Kali Jambe dekat crossing Tol Japek sudah selsai dikeruk, namun saat itu aliran Kali Jambe dekat RPH Jatimulya belakang Rest Area KM 19 belum juga bebas dari tumpukan sampah. Jarah keduanya sekitar 500 meter.

Akhirnya, Rabu (24/11/2021), aliran Kali belakang Rest Area tersebut mulai terlihat. Sampah yang semula berjejal di bawah jembatan dekat Kali Malang yang melintang, kini sudah tidak ada lagi. Sampah sudah diangkut. Berikut perbandingaan before-after-nya:

Terima kasih telah membaca artikel

detikcom Do Your Magic: Before-after Pembersihan #CegahBanjir Kali Jambe