Cak Imin Minta Pansus Haji Segera Dibentuk, Gus Fahrur Bela Menag

Jakarta

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta agar segera dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi pelaksanaan haji 2024. Ketua PBNU, Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur), membela Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Fahrur berpendapat pansus tidak perlu dan mengada-ada. Dia ingin memberikan apresiasi kepada Kemenag sebagai penyelenggara haji.

“Justru saya ingin memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama yang telah berhasil menyelesaikan tugas pelayanan ibadah haji tahun ini dengan sangat baik dan petugas melayani sepenuh hati,” kata Gus Fahrur, Rabu (3/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Fahrur bercerita saat dia menjadi Amirul Hajj atau pemimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi. Menag yang merupakan Amirul Hajj, disebut telah bekerja secara maksimal.

“Saya sudah pernah berhaji beberapa kali. Saya melihat pelaksanaan haji tahun ini sudah jauh lebih baik dan sangat memuaskan, tidak ada lagi kejadian Muzdalifah seperti tahun lalu. Semua sudah diantisipasi dengan baik, saya melihat Pak Menteri Agama RI sebagai Amirul Hajj telah bekerja secara maksimal, dibantu tim petugasnya di lapangan yang sangat responsif dan berdedikasi tinggi,” katanya.


ADVERTISEMENT

Dia memastikan para jemaah haji mendapat pelayanan yang baik. Semua urusan baik teknis dan lainnya berjalan dengan baik.

“Kebetulan Saya bertugas menjadi bagian dari Amirul haj, misi haji pemerintah negara Republik Indonesia, untuk memastikan para jemaah dapat melakukan ibadah haji dengan baik sesuai syariat Islam dan memastikan pelayanan haji secara optimal baik dari teknis penyelenggaraan ibadah haji urusan transportasi, akomodasi, katering, dan hal teknis lainnya,” katanya.

Gus Fahrur pun bercerita saat dia berada di Makkah sejak 8 Juni untuk memastikan semua kebutuhan jemaah haji. Gus Fahrur mengaku berada di sana bersama dengan Gus Yaqut.

“Sejak tanggal 8 Juni saya sudah berada di Makkah, meninjau langsung pemondokan jamaah haji, tenda wukuf di Arafah, fasilitas di Muzdalifah dan Mina, serta layanan tim kesehatan haji di berbagai sektor dan saya menginap satu lokasi dengan Menteri Agama dan Wamenag (Saiful Rahmat Dasuki). Saya melihat sendiri bagaimana sampai larut malam beliau tidak tidur dan terus melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan memastikan pelayanan berjalan baik, terutama di Arafah, Muzdalifah dan Mina,” katanya.

“Saya mengapresiasi sepenuhnya dan mengucapkan terimakasih atas kerja keras mereka, semoga menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT, dan dapat terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” katanya.

Selanjutnya: Cak Imin dorong Pansus segera dibentuk.

Terima kasih telah membaca artikel

Cak Imin Minta Pansus Haji Segera Dibentuk, Gus Fahrur Bela Menag