Buka Magang untuk Warga Cilegon, 4 Perusahaan Ini Diapresiasi Pemkot

Jakarta

Pemerintah Kota Cilegon menganugerahkan penghargaan kepada perusahaan yang telah berkontribusi dalam program pemagangan kerja bagi masyarakat Kota Cilegon. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di halaman Kantor Wali Kota Cilegon.

“Pemberian penghargaan ini sebagai langkah apresiasi Pemkot Cilegon atas peran aktif perusahaan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal untuk menjadikan SDM yang unggul dan berkualitas,” ujar Helldy dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).

Ia menjelaskan program pemagangan merupakan sebuah program dari Pemkot Cilegon yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM lokal di dunia kerja.


“Program pemagangan ini merupakan salah satu program yang dapat membantu Pemkot Cilegon dalam meningkatkan kompetensi SDM lokal untuk memiliki pengalaman di dunia kerja, yang diharapkan ke depannya dapat bersaing untuk mendapatkan kesempatan bekerja, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cilegon,” terangnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan program pemagangan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pembangunan SDM di kota Cilegon.

“Jumlah industri di Cilegon itu banyak, maka perlu adanya program pemagangan ini oleh karena itu Pemkot Cilegon sudah menginstruksikan kepada seluruh perusahaan agar supaya dapat membantu dalam mendukung program ini dimana tujuan dari program pemagangan ini yaitu untuk membangun SDM Cilegon yang berkualitas. Nantinya tidak menutup kemungkinan peserta magang ini digembleng sehingga siap menerima kontrak menjadi pegawai tetap di Perusahaan tersebut,” ucapnya.

Helldy mengungkapkan ada 4 perusahaan yang mendapatkan penghargaan dikarenakan seluruh peserta magang 100% merupakan warga asli Cilegon.

“Saat ini, sebanyak 250 orang telah mengikuti program pemagangan yang tersebar di 14 perusahaan di kota Cilegon. Hari ini sebanyak 4 perusahaan menerima penghargaan dikarenakan peserta magang di Perusahaan ini 100% warga Cilegon. Perusahaan tersebut diantaranya PT Latinusa 28 orang, PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk 34 orang, PT Krakatau Osaka Steel 14 orang dan PT Lautan Otsuka Chemical 10 orang,” paparnya.

Helldy menyampaikan terima kasih kepada perusahaan yang telah mendukung program pemagangan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah mendukung pemkot Cilegon dalam menjalankan program pemagangan ini, khususnya untuk 4 perusahaan dimana seluruh para peserta magangnya itu asli warga Cilegon,” ucapnya.

Ia juga berharap masyarakat Cilegon dapat dijadikan prioritas dalam pemagangan pada setiap perusahaan.

“Saya berharap perusahaan-perusahaan lain yang ada di Cilegon dapat ikut serta dalam menjalankan program pemagangan ini, agar turut serta membantu Pemkot Cilegon untuk mengurangi pengangguran dan untuk peserta magangnya saya harap warga Cilegon dapat dijadikan sebagai prioritas,” tutupnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon Panca Nugraha Estianto menerangkan penghargaan akan diberikan secara bertahap untuk perusahaan yang telah berkontribusi dalam program pemagangan.

“Yang mendapatkan penghargaan baru 4 perusahaan dan ini bertahap sebab 4 perusahaan ini memiliki peserta magang yang murni ber KTP Cilegon,” katanya.

Menurutnya, program pemagangan ini juga dapat membantu perusahaan dalam mencari tenaga kerja sesuai dengan standar perusahaan dan kebutuhan perusahaan.

“Program pemagangan ini merupakan pelatihan agar dapat dijadikan sebagai bekal bagi para peserta untuk dapat melamar pekerjaan di tempat lain tidak harus di tempat magangnya, jadi bisa melamar di perusahaan lain juga. Minimal para peserta sudah memiliki bekal sebelum terjun ke dunia kerja,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PT Communication Cable Systems Indonesia (CCSI) akan mengangkat 17 orang peserta magang menjadi karyawan tetap di perusahaannya.

(akn/ega)

Terima kasih telah membaca artikel

Buka Magang untuk Warga Cilegon, 4 Perusahaan Ini Diapresiasi Pemkot