Buka-bukaan Ketua PSI DKI soal Oposisi Anies dan Rp 2,7 M untuk Y20

Jakarta

Nama Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Sianipar menjadi sorotan saat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengajukan Rp 2,7 miliar untuk forum internasional Youth 20 Summit (Y20). Michael disorot karena terlibat sebagai panitia Y20.

Dispora DKI Ajukan Rp 2,7 M untuk Y20

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak mengatakan Dispora DKI Jakarta mengalokasikan anggaran Rp 2,7 miliar (M) untuk forum Y20 mendatang. Jhonny mengatakan program yang diajukan Dispora itu tidak ada pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan RPJMD.

“Kita kan juga dapat arahan juga bahwa program-program yang tidak ada di RKPD dan tidak ada di RPJMD kita ajukan jangan dipaksakan, tapi alasan dari Dispora itu bahwa ini kan mereka sudah audiensi dengan Gubernur, yang menjadi pegangan mereka. Saya pikir ini menjadi kegiatan Indonesia sebagai tuan rumah itu kan domainnya pemerintah pusat ya. Ngapain kita DKI coba-coba,” kata Jhonny kepada wartawan, Sabtu (20/11/2021).

Jhonny kemudian menyoroti kepanitiaan itu. Dia tidak ingin ada konflik kepentingan dalam acara ini.

“Kebetulan dari panitianya ini kan Ketua DPW PSI, Michael itu. Peran dia sebagai ketua partai, walaupun nggak bawa partai, kedudukan apa pun dia akan terus mengalir. Jabatan dia itu nggak bisa dibilang ‘saya atas nama ini’,” kata Jhonny.

Respons Michael Sianipar

Michael merupakan ketua dari Indonesia Youth Diplomacy (IYD), sementara IYD ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi panitia Y20. Buntut dari sorotan itu membuat Michael buka-bukaan.

“Yang menugaskan IYD sebagai penyelenggara adalah Kemenpora dan Kemenko Perekonomian selaku pemerintah pusat dan leading sector untuk urusan G20 dan Y20,” kata Michael kepada wartawan, Sabtu (21/11/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Terima kasih telah membaca artikel

Buka-bukaan Ketua PSI DKI soal Oposisi Anies dan Rp 2,7 M untuk Y20