Bawa 6 Kg Sabu dan Ekstasi, 2 Penumpang Pesawat dari Malaysia Diamankan

Sidoarjo

Dua penumpang pesawat Air Asia QZ 321 dari Malaysia tujuan Surabaya ditangkap petugas Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Dua penumpang tersebut kedapatan membawa sabu seberat 6 Kilogram dan 100 butir pil ekstasi.

Dua penumpang yang diamankan petugas yakni, Rizal (21) warga Desa Jerohan, Kecamatan Kedungdung, Sampang, Dan Holil (24) warga Dusun Lesong, Desa Bujur Timur, Kecamatan Batu Marmar, Pamekasan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengatakan, dua penumpang pesawat ini tertangkap petugas gabungan di Bandara Juanda di Sidoarjo, Senin (4/1) sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah mendapatkan loporan dari petugas bandara, anggota Satnarkoba langsung menuju ke lokasi.

“Dua penumpang pesawat dari Malaysia dengan tujuan ke Surabaya ini ditangkap petugas. Karena kedapatan membawa sabu seberat 6 Kg dan 100 butir pil ekstasi,” kata Sumardji kepada wartawan di Kapolresta Sidoarjo, Kamis (14/1/2021).

Sementara itu Kepala KKBC Tipe Madya Pabean Juanda Budi Harjanto menambahkan, untuk mengelabuhi petugas, dua penumpang mengemas sabu sebanyak 49 bungkus plastik kemudian dimasukkan ke lampu LED. Sedangkan pil ekstasi disimpan di tutup pengait kipas angin gantung kemudian dimasukkan dalam kardus.

“Pelaku yang benama Rizal membawa 24 bungkus plastik yang diduga berisi narkotika jenis sabu berat keseluruhan 3.024 gram. Yang disembunyikan di dalam LED Panel Light (Lampu sorot) dan dimasukkan Kotak kardus,” kata Budi.

“Sedangkan dari pelaku Holil setelah diperiksa kedapatan 25 bungkus plastik dengan berat 2.996,76 gram sabu yang dikemas dalam pengait kipas angin gantung. Dan pil ekstasi sejumlah 100 butir,” tambah Budi.

Budi menjelaakan, dari hasil pemeriksaan terhadap dua penumpang tersebut untuk proses selanjutnya diserahkan ke Satnarkoba Polresta sidoarjo. Mereka akan di jerat dengan pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) dan atau pasal 113 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 dan asal 112 ayat (2) tentang Narkotika.

“Dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara,” jelas Budi.

(bdh/bdh)

Terima kasih telah membaca artikel

Bawa 6 Kg Sabu dan Ekstasi, 2 Penumpang Pesawat dari Malaysia Diamankan