Banjir Bermunculan Usai Hujan Deras Mengguyur Jakarta Sekitarnya

Jakarta

Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan deras sejak siang hingga sore. Banjir pun bermunculan usai hujan reda.

Hujan mulai mengguyur Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (6/7/2024). Hujan mulai reda saat sore hari.

Hujan deras pun memicu banjir di sejumlah titik. Berikut lokasi yang kebanjiran akibat hujan di Jakarta dan sekitarnya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Banjir di Kolong Tol

Kolong Tol JORR di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sempat terendam banjir 40 cm saat hujan deras mengguyur Jakarta. Kolong tol tersebut berada di Jalan Bintaro Permai Raya.

“Ya semata kaki sekarang. Kalau tadi kan sekitar 40 cm,” kata Kapolsek Pesanggrahan Kompol Tedjo Asmoro.


ADVERTISEMENT

Tedjo mengatakan jalanan sudah bisa dilalui kendaraan. Dia mengatakan air menggenang akibat hujan deras.

Polisi pun berada di lokasi untuk memantau situasi dan membantu warga. Dia mengimbau pengendara selalu berhati-hati saat melintas.

“Polisi Samapta turut membantu warga, terutama ibu-ibu, untuk menyeberangi ruas jalan yang tergenang,” ujarnya.

Rel Kereta Terendam

Banjir juga merendam rel kereta api antara Stasiun Kebayoran dan Stasiun Pondok Ranji. KRL hanya bisa melaju perlahan karena rel terendam banjir.

“Terdapat genangan air di antara Stasiun Kebayoran-Pondok Ranji dampak hujan lebat, perjalanan KA di lokasi saat ini dapat dilalui dengan kecepatan terbatas. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis KAI Commuter lewat akun X resminya, Sabtu (6/7/2024).

KAI Commuter juga melakukan rekayasa pola operasi yang dilakukan. KA 1741, yakni Rangkasbitung-Tanah Abang hanya beroperasi sampai Stasiun Sudimara dan kembali sebagai KA 1742, Sudimara-Rangkasbitung.

Salah satu pengguna KRL, Andira Yunita (22), mengatakan dirinya melihat banjir terjadi di antara Stasiun Jurang Mangu dan Stasiun Pondok Ranji. Dia mengatakan banjir menyebabkan laju KRL melambat dan sempat berhenti beberapa saat.

Andira mengatakan berangkat dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Palmerah pada Sabtu (6/7) pada pukul 14.42 WIB.

“Tadi saya dari Stasiun Sudimara. Nah, pas mau ke Stasiun Pondok Ranji, itu relnya semua tergenang. Sisa satu rel saja, makanya KRL-nya bergiliran jalannya. (Lokasinya) persis di Jalan Bintaro Permai Pesanggrahan,” kata Andira.

Berdasarkan video yang direkam Andira, banjir terlihat menggenangi rel kereta. Hujan juga tampak mengguyur lokasi itu. Dia mengatakan banjir tak masuk ke dalam kereta, namun membuat laju kereta melambat.

“Kereta melambat dan kadang berhenti dulu. Agak lupa (berhentinya berapa lama) tapi kayaknya nggak sampai 5 menit berhentinya, terus jalan melambat,” ujarnya.

Banjir di Kedaung Jakbar

Banjir juga terjadi di Kedaung, Kali Angke, Jakarta Barat. Warga berharap pemerintah membuat rumah pompa di wilayah tersebut.

Salah satu warga, Irwandi, mengatakan rumahnya sudah sering terendam banjir jika turun hujan deras. Dia berharap ada pompa yang disediakan agar banjir cepat surut.

“Sering banjir, keinginan warga supaya dibuatkan rumah pompa, namun sampai saat ini belum terealisasi oleh pemerintah setempat,” kata Irwandi.

Dia mengatakan ada beberapa pintu air di dekat lingkungan rumahnya. Namun, pintu air tersebut tidak digunakan secara optimal karena tak ada petugas yang berjaga di lokasi.

“Di tempat kami dari RT 01, 02, 03 RW 05 kondisi tanggul memiliki beberapa pintu air, namun pintu air tidak optimal karena tidak ada petugas SDA yang berjaga. Jadi pintu airnya itu hanya pintu air selokan yang langsung mengalir ke aliran kali,” tuturnya.

Banjir di wilayahnya sudah terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Dia memprediksi ketinggian banjir terus naik.

“Banjir dari sekitar jam 14.00 WIB. Saat ini masih banjir ka dan kemungkinan ini masih akan menaik karena masih dalam kondisi hujan dengan kedalaman bervariasi,” ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Banjir Bermunculan Usai Hujan Deras Mengguyur Jakarta Sekitarnya