Angela Merkel Akan Kunjungi Lokasi Banjir di Jerman

Berlin

Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengunjungi lokasi banjir di Jerman barat. Banjir yang disebabkan karena curah hujan yang buruk menyebabkan lebih dari 130 orang tewas.

Merkel direncanakan akan melakukan perjalanan ke Kota Schuld, kawasan yang terkena dampak parah di negara bagian Rhineland-Palatinate, pada Minggu (17/7/2021). Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Jerman.

“Kunjungan itu akan dilakukan pada sore hari,” kata juru bicara itu seperti dilansir AFP, Minggu (18/7/2021).

Merkel menyebut banjir itu sebagai ‘tragedi’ nasional. Dia berjanji pemerintah akan memberi mendukung dalam membantu daerah-daerah yang terkena bencana untuk membangun kembali dan memulihkan diri.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengunjungi kota Erftstadt di negara bagian barat-Rhine Westphalia pada hari Sabtu (17/7). Dia mengamati kerusakan dari tanah longsor besar yang disebabkan oleh cuaca ekstrim.

Seperti diketahui, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban tewas akibat banjir di Jerman. Meski demikian, ada sejumlah WNI yang mengungsi.

“Terkait banjir di Jerman, sampai 17 Juli 2021 08.00 CET, dilaporkan 133 orang meninggal dunia. Tidak ada laporan korban jiwa WNI,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha saat dimintai konfirmasi, Sabtu (17/7).

KJRI Frankfurt, kata Judha, telah berkomunikasi dengan lima orang WNI yang sedang magang di Bad-Neuenahr. Kelima WNI yang sedang magang itu dalam keadaan selamat.

Judha juga menyebut ada 11 keluarga WNI yang sedang mengungsi akibat banjir besar di Jerman. Mereka tersebar di Bad Neuenahr-Ahrweiler, Erftstadt (Köln), dan Bad Bidendorf (Sinzig).

(fas/fas)

Terima kasih telah membaca artikel

Angela Merkel Akan Kunjungi Lokasi Banjir di Jerman