Andre Rosiade Minta PTPN Bantu Petani Remajakan Tanaman Kelapa Sawit di Sumbar

Jakarta

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade, mendukung program replanting atau peremajaan kelapa sawit rakyat yang digagas PTPN Group. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit nasional.

“Program peremajaan sawit rakyat ini menarik, PTPN kalau bisa berinisiatif. Apa lagi ekosistemnya sudah dibangun oleh Kementerian dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS),” kata Andre saat rapat dengar pendapat Komisi VI DPR dengan Dirut PTPN, dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Andre mengatakan program peremajaan sawit rakyat oleh PTPN merupakan salah satu peran perusahaan negara yang tidak hanya mencetak untung, melainkan juga membantu masyarakat. Dia pun berkomitmen mengawal program peremajaan sawit rakyat yang ditargetkan tembus 60.000 hektare sampai 2026.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya harap Pak Dirut bisa berikan target yang jelas berapa ribu hektare per tahun. Dan nanti dilaporkan kepada kami di Komisi VI secara berkala,” kata Andre.

Dalam kesempatan itu, Andre meminta agar program peremajaan sawit rakyat juga menyasar wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Menurutnya, banyak petani di daerah pemilihannya kesulitan melakukan peremajaan kelapa sawit.


ADVERTISEMENT

“Mungkin Bapak bisa bantu petani kelapa sawit di Sumatera Barat, khususnya di dapil saya di Dharmasraya, lalu Pasaman Barat, itu kan banyak sekali sawit-sawit tua. Tolong ini menjadi catatan, ini aspirasi daerah agar program ini juga di-anounce ke PTPN VI,” kata Andre.

“Sawit ini memang primadonanya di Sumatera Utara dan Riau. Tapi Sumbar juga tolong jangan dilupakan. Karena petaninya butuh. Mereka pemilih saya dan Pak Prabowo menang di daerah itu. Jadi menjadi kewajiban saya untuk memperjuangkan hal itu,” imbuh Andre.

(rfs/idn)

Terima kasih telah membaca artikel

Andre Rosiade Minta PTPN Bantu Petani Remajakan Tanaman Kelapa Sawit di Sumbar