Alberto Longo Ungkap Biaya Sekali Balap Formula E

Jakarta

Co-founder Formula E, Alberto Longo mengungkapkan biaya sekali balap formula E. Alberto menjelaskan dalam satu kali balapan membutuhkan biaya sekitar 25 juta dollar AS.

“Jadi untuk satu balapan satu kali itu biayanya sekitar 25 juta dollar dan ini tidak termasuk juga investasi seperti jalanan dan juga materi untuk jalur, tracknya,” kata Alberto di Black Stone, Jakarta Pusat, Rabu, (24/11/2021).

Walaupun seluruh biaya pengadaan formula E tidak dapat dibuka, Alberto meyakinkan Jakarta tidak membayar lebih dari yang dibayarkan oleh kota-kota lain.

“Feenya itu tidak bisa dibuka karena itu bersifat rahasia tetapi saya bisa yakinkan bahwa Jakarta tidak membayar lebih dari yang dibayarkan oleh kota-kota lain,” jelas Alberto

“Kita paham bahwa formula E adalah kejuaraan dunia dan ini harganya sangat mahal,” sambungnya.

Selanjutnya, Alberto menjelaskan pihak formula E sangat tertarik datang dan berinvestasi di Jakarta. Seharusnya, ujarnya, masyarakat Indonesia bangga.

“Jadi pada intinya formula E ini sangat tertarik untuk datang ke jakarta dan berinvestasi di Jakarta dan anda seharusnya sangat bangga karena Indonesia bernegosiasi dengan sangat kuat untuk bisa menyelenggarakan kejuaraan ini,” tutur Alberto.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) membeberkan lima calon venue balap Formula E Jakarta. Lima calon venue balap itu akan diajukan ke Presiden Jokowi.

“Antara lain Sudirman, kemudian PIK, sekitaran JIS, JiExpo Kemayoran, terakhir di Ancol. Jadi ada 5 yang kita ajukan ke Presiden. Kira-kira mana yang beliau sarankan, plus minus dari wilayah-wilayah,” ujar Bamsoet.

“Kita harapkan event ini bisa meningkat banyak pariwisata. Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan lebih dari 150 televisi dunia dan disaksikan ratusan minimal lebih dari 1,8 miliar seperti yang kemarin di Mandalika,” sambungnya.

Alberto Longo mengatakan lima calon venue balap belum diputuskan. Pihaknya masih akan melakukan peninjauan.

“Untuk diputuskan sirkuitnya dimana karena ada banyak sekaki lokasi yang bagus. Terlalu banyak opsi yang baik. Ada lima lokasi yang berbeda beda yang tapi bukan yang terlarang (GBK dan Monas) yang tadi bapak Bambang Soesatyo sebutkan. Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif, memberikan isyarat lokasi venue Formula E. Syarif mengungkap Formula E akan diselenggarakan di kawasan utara Jakarta.

“Dari lima alternatif itu, saya berpendapat itu di kawasan utara Jakarta yang memungkinkan. Cenderung, hampir bisa dipastikan ke sana, tapi tergantung kajian analisis panitia,” kata Syarif saat dihubungi.

(isa/isa)

Terima kasih telah membaca artikel

Alberto Longo Ungkap Biaya Sekali Balap Formula E