8 Fakta Baru Penembakan di Rumah Irjen Sambo Tewaskan Brigadir Yoshua

Jakarta

Pengusutan kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J masih terus dilakukan oleh tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Komnas HAM dan Kompolnas sebagai pengawas eksternal Polri. Usai pekan lalu jenazah Brigadir J diekshumasi dan diautopsi ulang, tim khusus mengawali pekan ini dengan melakukan serangkaian investigasi ilmiah (scientific crime investigation) serta pemeriksaan saksi-saksi.

Pagi kemarin, Senin (1/8/2022), sejumlah polisi mendatangi rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo. Mulai pagi hingga sore hari, penyidik berada di dalam kediaman jenderal bintang dua tersebut, yang merupakan lokasi tewasnya Brigadir J.

Sore kemarin, Komnas HAM juga menggelar konferensi pers untuk mengabarkan perkembangan investigasi independen yang dilakukan pihaknya. Berikut 8 fakta baru kasus penembakan Brigadir J di rumah Ferdy Sambo:


1. Tim Khusus Uji Balistik Selama 6,5 Jam

Baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E terjadi da;am waktu singkat. Namun proses uji balistik yang dilakukan Polri memakan waktu berjam-jam untuk membuat terang detik demi detik peristiwa baku tembak tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.20 WIB, kemarin, tampak Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo ikut dalam tim ini. Rumah singgah Irjen Ferdy Sambo tampak masih dipasangi garis polisi.

Tim khusus tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Selain itu, sejumlah mobil polisi tampak berjejer di sekitar rumah Irjen Ferdy Sambo. Tim tersebut hendak mengecek sudut hingga jarak tembakan yang menewaskan Brigadir Yoshua.

“Jadi karena ini masih proses pendalaman, dari hasil uji balistik yang telah dilakukan oleh Labfor, nanti akan disampaikan. Makanya tadi saya sampaikan, dari jarak tembakan, sudut tembakan, kemudian sebaran pengenaan,” kata Irjen Dedi Prasetyo di luar rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dedi mengatakan hasil pengecekan dari timsus akan disampaikan kepada publik secara lengkap. Dia meminta masyarakat bersabar.

Foto: Suasana di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo (Rizky-detikcom)

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

8 Fakta Baru Penembakan di Rumah Irjen Sambo Tewaskan Brigadir Yoshua