53 Ahli Waris Crew KRI Nanggala 402 Terima Santunan dari Sido Muncul

Jakarta – Ahli waris dari kru KRI Nanggala 402 yang gugur telah menerima bantuan Rp 720 juta dari PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh perwakilan Sido Muncul Surabaya Reivo Aditya Hidayat kepada 53 ahli waris keluarga korban yang diwakilkan oleh 5 ahli waris di Surabaya.

Penyerahan itu pun disaksikan langsung oleh Komandan KRI Cakra 401 Letkol Haran Al Ahsan di lokasi dan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat secara virtual di Jakarta. Irwan mengatakan bantuan ini dilakukan menindaklanjuti pemberian secara simbolis di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

“Hari ini acaranya menindaklanjuti serah terima yang dengan Wakasal tanggal 26 april, dan ini bentuknya diserahkan langsung kepada ahli waris. Saya sudah tanda tangani ini bentuknya dalam bentuk cek atas nama. Pokoknya kami serahkan langsung semua,” ujar Irwan, di Kantor Sido Muncul, Jakarta, Senin (5/5/2021).

Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom

Irwan menuturkan peristiwa gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402 ini telah membuat dirinya merasa sedih serta merasa kehilangan para penjaga kedaulatan laut Indonesia. Ia pun berharap sedikit banyaknya bantuan tersebut dapat memberikan dorongan agar para keluarga yang ditinggalkan lebih bersemangat menjalani hidup.

“Peristiwa ini membuat orang ikut terharu dan stress merasakan apa yang dialami kru KRI Nanggala 402 ini. Saya harap mudah-mudahan bantuan itu dapat membantu ahli waris melanjutkan hidupnya, ya meskipun tidak tergantikan,” ungkap Irwan.

Lebih lanjut, dia mengatakan bantuan ini sudah bisa dicairkan langsung oleh para ahli waris, sementara tanda terimanya akan diserahkan ke Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNi Ahmadi Heri Purwono sebagai bukti bahwa bantuan ini terealisasikan dengan baik.

“Itu bisa langsung dicairin, uangnya siap di cek diserahkan langsung atas nama keluarga kita sudah punya datanya semua. Nanti bisa diminta, sebagai bukti sekarang kan keterbukaan supaya supaya jelas,” tutur Irwan.

53 Ahli Waris Crew KRI Nanggala 402 Terima Santunan dari Sido Muncul Foto: Alfi Kholisdinuka/detikcom

Sementara itu, Komandan KRI Cakra 401 Letkol Haran Al Ahsan mengapresiasi bantuan dari Sido Muncul. Menurutnya, perhatian dan pengakuan dari masyarakat sungguh luar biasa, tidak hanya datang dari Indonesia saja melainkan juga dari negara-negara di dunia yang turut berbelasungkawa atas insiden yang dialami KRI Nanggala 402 ini.

“Pertama-tama kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Irwan Hidayat selaku Direktur Pemasaran dari PT Sido Muncul Indonesia. Kami mewakili komandan satuan kapal selam menyampaikan terima kasih atas segala dukungan maupun bantuan yang bapak berikan kepada ahli waris dari kru atau ABK KRI Nanggala 402,” ungkapnya.

Dia menuturkan kejadian KRI Nanggala 402 merupakan ujian yang diberikan tuhan agar semua sadar dan tegar dalam menjaga kedaulatan NKRI ini. Menurutnya, Tuhan tidak akan memberikan cobaan di atas kemampuan yang bisa kita atasi, sehingga ia yakin para awak KRI Nanggala 402 menjadi Syuhada atau ahli surga.

“Mereka di dunia saja yang mendoakan seluruh bangsa, bukan bangsa kita saja, tapi keluarga dari seluruh dunia berduka. Itu wujud kemuliaan bagi saudara saudara kita, kita bisa menyimpulkan di dunia saja seperti ini apalagi di akhirat, akan lebih mendapatkan syafaat dari Allah SWT,” pungkasnya. (adv/adv)

Terima kasih telah membaca artikel

53 Ahli Waris Crew KRI Nanggala 402 Terima Santunan dari Sido Muncul