5 Cara Menghemat Uang ala Miliarder, Sanggup Nyobain?

JakartaBerbicara soal miliarder, mungkin yang terlintas di pikiran kamu adalah orang dengan kekayaan melimpah yang mampu membeli apa saja yang ia inginkan. Tapi pernahkan kamu berpikir proses yang dijalani seorang miliarder untuk memiliki harta kekayaannya?

Orang yang menyandang status sebagai miliarder ternyata memiliki cara yang unik dalam mengelola keuangannya, terutama dalam urusan berhemat. Mereka kerap memiliki cara-cara inspiratif dalam mengatur keuangan yang dapat kamu adopsi dalam kehidupan sehari-hari.

Penasaran apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghemat uang ala miliarder yang wajib kamu ikuti.

1. Beli Sesuai Kemampuan

Walaupun punya banyak uang, bukan berarti para miliarder bebas menghamburkan atau membelanjakannya. Kebanyakan mereka mengatur keuangan untuk hanya membeli apa yang sesuai dengan budget.

Hal ini pastinya bisa kamu tiru. Jika ingin membeli sesuatu, pastikan harganya sesuai dengan kemampuanmu dan hindari nekat mengambil cicilan hanya demi mendapati barang tersebut. Dengan begini, hidup hemat bisa lebih mudah kamu lakukan.

2. Tampil Sederhana

Jika kamu perhatikan dengan seksama, banyak miliarder yang sehari-harinya tampil sederhana. Mulai dari pakaian, gaya rambut hingga aksesoris dan kendaraan yang digunakan.

Seorang miliarder sekaligus pakar investasi Warren Buffett mengatakan alih-alih menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak ada gunanya sama sekali, dana yang ada lebih baik digunakan untuk investasi atau persiapan tabungan masa tua.

3. Tidak Termakan Gaya Hidup

Tuntutan gaya hidup kadang membuat kita kalap membelanjakan uang sehingga sulit untuk berhemat dan punya tabungan. Jika kamu salah satunya, pastikan pemasukan yang kamu terima tidak habis untuk gaya hidup saja.

Sebagai contoh kamu bisa meniru gaya hidup Mark Zuckerberg, CEO Facebook/Meta yang kerap tampil sederhana walau memiliki banyak kekayaan. Daripada pakaian branded, belilah pakaian bagus yang sedang diskon di toko butik, atau alih-alih makan siang di kafe akan lebih baik jika kamu menyiapkan sendiri bekal dari rumah.

4. Jangan Malu Beli Barang Murahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tuntutan gaya hidup saat ini cenderung mendorong orang-orang untuk berperilaku konsumtif. Banyak yang merasa malu jika ketahuan menggunakan barang yang harganya murah.

Tidak ada yang salah dengan membeli barang murah, apalagi jika hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi keuangan kamu. Bahkan, banyak miliarder yang tidak malu bepergian dengan pakaian biasa atau kendaraan yang sudah butut lho.

5. Terapkan Manajemen Keuangan yang Baik

Salah satu cara berhemat yang paling efektif adalah dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik. Para miliarder biasanya memiliki cara mengelola keuangan yang unik, mulai dari membuat catatan keuangan dengan buku dan pulpen hingga memanfaatkan aplikasi finansial.

Untuk yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA untuk setiap transaksimu. Pasalnya setiap transaksi yang kamu lakukan akan selalu tercatat rapih di DANA sehingga memudahkanmu untuk mengecek pengeluaran atau pemasukanmu.

Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir pengeluaranmu dengan menggunakan fitur Kirim Uang di DANA yang memberikan gratis biaya admin hingga 10x setiap bulannya. Dengan menghemat biaya admin, tentunya kamu jadi makin bisa menambah jumlah tabunganmu sehingga hidup jadi lebih Bebas Bokek.

Maka dari itu, yuk download & pakai aplikasi DANA sekarang! (adv/adv)

Terima kasih telah membaca artikel

5 Cara Menghemat Uang ala Miliarder, Sanggup Nyobain?