3 Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19, Cek di Sini

Jakarta

Cara mengakses sertifikat vaksin COVID-19 masih jadi informasi penting yang tak boleh dilewatkan. Sertifikat ini didapat setelah seseorang menerima suntikan vaksin, baik dosis pertama maupun kedua.

Diketahui sertifikat vaksin COVID-19 kini kian luas diperuntukkan untuk berbagai kegiatan masyarakat di masa PPKM. Mulai dari masuk pusat perbelanjaan atau mal hingga bepergian dengan berbagai moda transportasi umum.

Ada sejumlah cara mengakses sertifikat vaksin COVID-19 yang bisa dicoba. detikcom merangkum ulasannya.

Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19: Website PeduliLindungi

Cara mengakses sertifikat vaksin COVID-19 yang pertama bisa melalui website resmi PeduliLindungi. Adapun kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Kunjungi laman situs pedulilindungi.id
  2. Kini kamu sudah berada di website PeduliLindungi. Selanjutnya untuk mengakses sertifikat vaksin, kamu bisa memilih menu ‘registrasi vaksin’ dan ‘login sekarang’
  3. Isilah kolom nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel
  4. Nantinya akan ada SMS yang dikirim ke nomor ponsel yang kamu daftarkan. SMS itu berisi 6 digit kode OTP yang harus diisi di kolom permintaan kode OTP.
  5. Selanjutnya, di bagian pojok kanan bagian atas, klik ‘nama akun’
  6. Pilih ‘Sertifikat vaksin’ kemudian klik ‘Nama’ agar dapat melihat sertifikat vaksinasi

Selain melalui situs, kamu juga dapat mengakses sertifikat vaksin COVID-19 di aplikasi PeduliLindungi. Pertama-tama kamu harus mendownload aplikasi yang tersedia di AppStore ataupun PlayStore. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi di smartphone
  2. Di bagian login, isilah kolom nama lengkap dan nomor handphone sesuai dengan data yang kamu daftarkan saat mendaftar vaksinasi COVID-19
  3. Isilah 6 digit kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone.
  4. Selanjutnya, isilah beberapa informasi seperti NIK dan alamat e-mail
  5. Pilih menu ‘sertifikat vaksin’ dan kemudian sertifikat vaksin otomatis akan muncul

Ada satu cara mengakses sertifikat vaksin COVID-19 lainnya yang bisa dicoba, yaitu melalui Chatbot WA PeduliLindungi. Simak di halaman selanjutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

3 Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19, Cek di Sini