200 Prajurit TNI AL Bidik 35 Kecamatan Rendah Capaian Vaksinasi di Bogor

Bogor

Sebanyak 200 tenaga kesehatan dari TNI Angkatan Laut (AL) dikerahkan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor. Tim vaksinator TNI AL akan bertugas selama 14 hari dan disebar di 35 kecamatan yang dinilai masih rendah capaian vaksinasinya.

“Angkatan Laut mengerahkan 200 personil tenaga kesehatan, dengan sasaran 35 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Alhamdulillah, sampai dengan hari ke-5 kami sudah memvaksin 64 ribu masyarakat,” ungkap Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmad Heri Purwono saat meninjau serbuan vaksinasi TNI AL di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu (27/10/2021).

Laksdya Ahmad Heri Purwono menyebut, tenaga kesehatan TNI AL akan bertugas selama 14 hari di Kabupaten Bogor untuk memaksimalkan capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor.

“Program kami di Kabupaten Bogor itu selama 14 hari, hari ini adalah hari ke-5 dan tersisa sekitar 9 hari lagi kami disini. Rata-rata per hari kita laksanakan vaksinasi sampai 10 ribu orang perhari. Dengan sisa 9 hari lagi saya yakin hasil capaian vaksinasi akan berpengaruh dengan prosentasi bagi Kabupaten Bogor,” paparnya.

Laksdya Ahmad Heri Purwono menjelaskan, TNI AL hadir untuk membantu mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor. Targetnya adalah kecamatan-kecamatan yang masih rendah capaian vaksinasinya, terutama warga di daerah pelosok yang rata-rata tinggal di kawasan perbukitan.

“Jadi arahnya adalah untuk mempercepat daerah-daerah yang masih tertinggal (capaian vaksinasinya). Makanya target angka capaian vaksinasinya semaksimal mungkin. Ada vaksin, kita siapkan tenaga, kita bantu bersama masyarakat, kita upayakan capaian maksimal selama 14 hari ini di Kabupaten Bogor,” paparnya.

Kabupaten Bogor yang dikenal memiliki banyak wilayah perbukitan membuat tim nakes harus bersusah payah menuju perkampungan yang jadi sasaran vaksinasi. Tim vaksinator harus melewati jalan setapak dan perkebunan teh dengan berjalan kaki selama 4 jam.

“Ada anggota saya yang harus berjalan 4 jam, itu untuk menuju lokasi vaksinasi di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, itu ke lokasi itu 4 jam jalan kaki,” kata Laksdya Ahmad Heri Purwono, Rabu (27/10/2021).

“Itu upaya yang patut kita apresiasi ya untuk para tenaga kesehatan, kami sangat berterima kasih kepada nakes atas dedikasi dan sinergitas yang sudah terbangun,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, sejauh ini jumlah vaksinasi di Kabupaten Bogor sudah mencapai 46,33 persen. Capaian itu merupakan akumulasi dari vaksinasi suntikan pertama dan suntikan kedua.

“Sampai saat ini sudah 46,33 persen capaian vakainasi kita, jadi itu akumulasi dari vaksinasi tahap 1 dan tahap 2. Kita masih ada waktu, sampai Desember ini target 70 persen dengan bantuan seluruh stake holder itu tercapai,” kata Iwan di Cijeruk, Bogor.

“Hari ini kita ikut tinjau langsung vaksinasi disini bersama Bapak Wakasal, dan di hari ke-5 ini TNI AL sudah berkontribusi 2,5 persen menambah capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor. Dengan sisa sekitar 9 hari saya rasa ini akan maksimal capaiannya,” imbuhnya.

(mud/mud)

Terima kasih telah membaca artikel

200 Prajurit TNI AL Bidik 35 Kecamatan Rendah Capaian Vaksinasi di Bogor