2 Pekan Nihil Kasus COVID-19, Kabupaten Blitar Berharap Turun PPKM Level 2

Surabaya

Selama 2 pekan, tidak ada kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Blitar. Pemkab berharap, status PPKM turun ke level 2 jika kasus aktif tetap nol COVID-19.

Data dari Dinkes Pemkab Blitar, per Selasa (23/11) hanya tersisa dua pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit luar kota. Mereka masing-masing berasal dari Kecamatan Nglegok dan Srengat. Namun keduanya merupakan pasien yang terdata sejak awal November lalu.

“Selama dua pekan ini temuannya nol kasus aktif. Dua pasien yang masih dirawat itu proses penyembuhan,” kata Plt Kadinkes Pemkab Blitar, Endah Woro Utami, Rabu (23/11/2021).

Woro menambahkan, tidak adanya kasus aktif baru ini diketahui dari survailance yang massif. Seperti di sekolah tatap muka ataupun perkantoran sebanyak 10 persen. Namun tetap tidak ada temuan. Jika ada temuan, maka akan diambil sampling dari tracing 1:17.

Angka ini lebih tinggi dari standar sampling yang ditetapkan, yakni 1:15. Namun dari tracing 1:17 itupun semuanya negatif. Dengan hasil tracing seperti itu, Woro bisa menyimpulkan, bahwa tingkat penularan virus COVID-19 di Kabupaten di bawah 0,05 persen.

“Jika penularan di angka 0,03 persen artinya, virusnya sudah tidak bisa menularkan ke orang lain lagi. Ini membuktikan efektivitas vaksin yang sudah kita jalankan,” tandasnya.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Blitar untuk usia di atas 12 tahun sendiri masih di angka 62 persen lebih. Sedangkan untuk lansia, baru kemarin memenuhi target 40 persen lebih. Dengan capaian vaksinasi sebanyak itu, Pemkab Blitar berharap bisa turun ke PPKM level 2.

“Dengan nol kasus aktif dan nol kematian dan capaian vaksinasi di atas 62 persen, kami berharap segera turun ke PPKM level 2 ya,” imbuhnya.

Penerapan PPKM level 2 walaupun hanya sesaat menjelang libur Nataru, namun bagi Woro itu sebuah prestasi dari kerja keras para nakes dalam mengejar target vaksinasi. Karena Pemkab Blitar siap melaksanakan PPKM level 3, menjelang libur panjang Nataru nanti.

“Nataru kami siap kembali PPKM level 3. Itu sebetulnya cara pemerintah untuk membatasi aktivitas dan mobilitas warga agar tidak timbul serangan ketiga,” pungkasnya.

(fat/fat)

Terima kasih telah membaca artikel

2 Pekan Nihil Kasus COVID-19, Kabupaten Blitar Berharap Turun PPKM Level 2