14 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterjang Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Banyuwangi

Belasan rumah di wilayah Genteng, Banyuwangi rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang. Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat peristiwa alam tersebut, para warga terdampak harus mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Total sebanyak 14 rumah rusak parah hingga sedang. Rinciannya, 13 rumah di Desa Kembiritan dan 1 rumah di Desa Genteng Wetan. Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Genteng mulai pukul 15.00 WIB, Kamis (13/1/2022). Namun, sekitar pukul 15.30, intensitas hujan semakin membesar juga disertai angin kencang.

Kapolsek Genteng Kompol Sudarmaji membenarkan peristiwa bencana tersebut. Angin kencang juga merobohkan 3 pohon yang berimbas kepada kerusakan rumah sekitar.

Pohon tumbang akibat angin kencang di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)

“Selain itu peristiwa ini juga mengakibatkan 3 pohon tumbang serta satu kandang ayam mengalami kerusakan,” kata Sudarmaji kepada wartawan.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa alam ini. Meski demikian, total kerugian yang dialami para warga terdampak mencapai Rp 107 juta.

“Sudah dilakukan asesmen oleh BPBD, total kerugian yang dialami para korban mencapai 107.200.000,” ungkap Sudarmaji.

Menurut Sudarmaji, untuk sementara ini petugas gabungan bersama warga bahu membahu membantu barang-barang korban yang tertimpa reruntuhan genting.

Selain itu, Forpimka Genteng juga sudah menyalurkan bantuan berupa sembako kepada para warga yang terdampak.

“Rencananya besok akan kita lanjutkan kerja bakti bersama instansi terkait, untuk membersihkan sisa puing-puing reruntuhan rumah para korban, termasuk juga menangani pohon yang bertumbangan,” imbuhnya.

(iwd/iwd)

Terima kasih telah membaca artikel

14 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterjang Hujan Deras Disertai Angin Kencang