Tambahan Kasus Positif COVID-19 di Jatim Hampir 500 Gegara Klaster Baru

Surabaya

Kasus positif COVID-19 di Jawa Timur hari ini bertambah 496. Angka itu menjadikan Jatim sebagai provinsi dengan penambahan kasus terbanyak di Tanah Air.

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan, kasus di Jatim bertambah karena ditemukan klaster baru. “Hari ini tinggi karena laporan klaster baru yang muncul dalam beberapa hari terakhir. Klaster tersebut saat di-tracing, ditemukan kontak erat yang tertular,” kata Jibril kepada detikcom, Jumat (24/7/2020).

Klaster baru tersebut seperti klaster gowes di Kabupaten Blitar. Jibril menceritakan, ada seorang tenaga kesehatan yang hobi bersepeda kemudian sempat makan-makan bersama orang yang memiliki kontak erat dengan nakes tersebut.

“Jadi di Blitar bertambah cukup banyak karena klaster tersebut. Dinkes men-tracing, dan menemukan banyak kontak erat yang selanjutnya di-swab. Beberapa di antaranya tertular COVID-19,” jelasnya.

Lalu kemudian di Jember, angka penambahan tinggi karena klaster nakes. Di mana nakes tersebut melayani di beberapa tempat dan akhirnya menularkan COVID-19.

“Nakes tersebut praktik di 3 tempat. Di RS pemerintah, swasta dan Puskesmas. Lalu menular ke rekan kerjanya. Jadi transmisi lokal dia,” jelasnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Tambahan Kasus Positif COVID-19 di Jatim Hampir 500 Gegara Klaster Baru