Tak Lagi Umumkan Kasus Harian Corona, Jubir RI: Tak Ada Maksud Menutupi Data

Jakarta

Informasi mengenai jumlah kasus atau update COVID-19 tak lagi disampaikan secara harian. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Disebutkan oleh Wiku, untuk update kasus bisa secara langsung dilihat di website penanganan COVID-19

“Seperti yang dilihat, satgas tidak lagi mengumumkan data harian melalui konpers. Namun seluruh data update harian akan disampaikan di website www.covid19.go.id,” kata Wiku dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Data mengenai perubahan dan penambahan jumlah kasus Corona akan diubah secara rutin setiap pukul 16.00 WIB setelah verifikasi data nasional dari Kementerian Kesehatan. Ke depannya diharapkan data tersebut akan bisa diakses dengan real time dan tidak berbeda antara data nasional dan daerah.

Soal keputusan untuk tak lagi mengumumkan kasus harian, Wiku menyebut tidak ada intensi untuk menutupi data. Perubahan ini dilakukan sesuai dengan amanat dari Perpres No 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Tidak ada maksud untuk menutupi data, mari kita dorong transparansi publik dan silahkan masyarakat ikut mengontrol apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya,” pungkas Wiku.

Terima kasih telah membaca artikel

Tak Lagi Umumkan Kasus Harian Corona, Jubir RI: Tak Ada Maksud Menutupi Data