Potensi Kemarahan China Gegara AS Diam-diam Latih Tentara Taiwan

Jakarta

Pasukan operasi khusus Amerika Serikat (AS) disebut telah melakukan pelatihan terhadap tentara-tentara Taiwan secara diam-diam. Otoritas China memberikan reaksi keras terhadap hal tersebut.

Aktivitas militer AS ini berpotensi memancing kemarahan China, yang masih menganggap Taiwan sebagai bagian wilayahnya. Pelatihan terhadap tentara Taiwan ini disebutkan telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Dilansir AFP, Jumat (8/10/2021), informasi itu pertama kali diungkapkan oleh seorang pejabat Pentagon atau Departemen Pertahanan AS yang enggan disebut namanya.

Pejabat Pentagon itu menyebut bahwa kontingen yang beranggotakan sekitar 20 pasukan operasi khusus dan pasukan konvensional. Mereka dikatakan telah melakukan pelatihan selama kurang dari setahun.

Beberapa pelatih dari AS itu, menurut pejabat Pentagon juga melakukan rotasi keluar dan masuk Taiwan.

Pernyataan pejabat Pentagon itu sebagian besar mengonfirmasi laporan Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut pelatihan diam-diam itu sudah berlangsung selama setidaknya satu tahun, di tengah meningkatkan ancaman verbal China terhadap Taiwan yang merupakan sekutu AS.

Mengetahui hal ini, China memberikan reaksi keras. China juga memperingatkan bahwa aktivitas yang dilakukan AS bisa memicu ‘kerusakan serius’ pada hubungan AS dan China.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Terima kasih telah membaca artikel

Potensi Kemarahan China Gegara AS Diam-diam Latih Tentara Taiwan