Persentase Kematian Pasien Corona di Indonesia Disebut Turun, Ini Sebabnya

Jakarta

Kasus baru virus Corona jumlahnya masih terus bertambah dari hari ke hari. Namun, tak disangka angka kematian pasien COVID-19 per bulannya sudah mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Menurut juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, persentase kasus kematian yang tertinggi terjadi pada bulan Maret 2020 dengan jumlah maksimum sebesar 9,34 persen, dan rata-rata angka kematian sebesar 4,89 persen.

Pada April, angkanya masih meningkat menjadi 9,5 persen, dengan rata-rata 8,64 persen. Namun di bulan selanjutnya, angka persentase tersebut mengalami penurunan. Hal ini terjadi mulai bulan Mei hingga Juli 2020.

“Bulan Mei sudah menurun, dengan jumlah maksimumnya 7,66 persen dengan rata-rata 6,68 persen. Sedangkan pada bulan Juli ini, maksimumnya sudah menurun cukup banyak, yaitu menjadi 5,08 persen dengan rata-ratanya 4,86 persen,” jelas Wiku dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Wiku juga menyebutkan rata-rata angka kematian pasien COVID-19 di dunia, yaitu sebesar 4,2 persen. Dalam hal ini, posisi Indonesia sudah mendekati persentase rata-rata angka kematian dunia tersebut. Tetapi, bagaimana ini bisa terjadi?

Wiku mengatakan, turunnya persentase angka kematian pasien Corona hingga bulan ini terjadi karena manajemen kasus pasien yang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Bahkan ruang isolasi, tempat tidur di ruang isolasi, hingga jumlah rumah sakit rujukan pun meningkat.

“Kita semua belajar dan kalau kita lihat, jumlah ruang isolasinya pun sekarang sudah meningkat menjadi 23.519. Jumlah bed isolasinya (tempat tidur) di Indonesia meningkat menjadi 188.510,” kata Wiku.

“Bahkan jumlah rumah sakit rujukan meningkat, sampai dengan sekarang sudah ada 839 rumah sakit rujukan di Indonesia,” lanjutnya.

Tak hanya itu, jumlah tenaga kesehatan kini pengetahuan tentang penanganan pasien Corona pun sudah semakin tinggi. Selain itu, Wiku mengungkapkan bahwa para tenaga medis sudah mulai terbiasa menangani COVID-19 dan semakin baik lagi.

Terima kasih telah membaca artikel

Persentase Kematian Pasien Corona di Indonesia Disebut Turun, Ini Sebabnya