Siap Dibully Inilah Sosok Pengacara Setya Novanto yang Baru

Setelah resmi menjadi tahanan KPK, Setya Novanto ternyata tidak tinggal diam. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah menunjuk seorang pengacara baru. Dan ternyata Ia meminta seseorang yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Inilah sosok pengacara Setya Novanto yang baru yang akan membelanya selama menjadi tahanan KPK.

Mantan pengacara Jessica Wongso

Semakin dikenal oleh publik tatkala menangani kasus pembunuhan berencana kopi sianida Jessica Wongso, kali ini Otto Hasibuan kembali mengejutkan masyarakat setelah menerima permintaan Setya Novanto untuk mendampinginya sebagai pengacara pada kasus KPK.

Keputusannya ini jelas menjadi sorotan publik, bahkan banyak yang menanyakan alasannya bersedia menjadi pengacara ketua DPR tersebut. Otto sempat mengatakan bahwa dirinya banyak menerima e-mail dari teman-teman serta kampus tempatnya mengajar yang penasaran kenapa dia sudi menangani kasus yang sedang viral dibahas oleh khalayak ramai.

Otto juga sempat menjawab bahwa alasannya mau mendampingi Novanto adalah karena masih banyak hal yang perlu diluruskan. Otto berpendapat bahwa tanpa dasar peradilan seakan-akan Setya Novanto sudah dinyatakan bersalah, padahal yang berhak menyatakan seseorang bersalah adalah pihak pengadilan.

Baca Juga: Setya Novanto Ditahan KPK Secara Resmi

Otto Hasibuan sosok pengacara setya novanto

Meski banyak pro dan kontra yang sekarang ini terjadi di tengah-tengah masyarakat mengenai kasus yang dialami SetNov (panggilan yang sering dipakai oleh masyarakat khususnya netizen), Otto mengatakan kalau seseorang itu tidak bisa begitu saja dinyatakan bersalah hanya berdasarkan perasaan dan logika. Dirinya juga menambahkan kalau memang SetNov bersalah maka silahkan dihukum, tapi sebagai advokat harus ada paling tidak 2 alat bukti yang cukup untuk menanyakan seseorang itu bersalah. Dan hal itupun jika sudah incracht.

Pengacara Setya Novanto tersebut berujar bahwa logika tidak bisa dipakai untuk menyatakan seseorang bersalah atau tidak, namun harus berdasarkan pada fakta hukum yang ada. Jika seseorang sudah dinyatakan bersalah tanpa melalui proses pengadilan, maka dia berpendapat kalau hal itu justru nantinya akan merugikan masyarakat.

“Sekarang mungkin menimpa Setya Novanto, tapi bagaimana bila ini menimpa orangtua, keluarga atau diri Anda sendiri,” kata Otto.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa yang dia bela itu bukan sosok Setya Novanto, melainkan kepentingan hukum dari kliennya tersebut.

Siap Menjadi Bulan-Bulanan Publik

Otto pun masih sempat mengungkapkan bahwa dirinya juga siap menjadi bulan-bulanan publik. Sudah jelas bahwa kasus SetNov ini banyak diperguncingkan oleh netizen, bahkan kasus kecelakaan yang beberapa waktu lalu menimpanya juga menjadi trending topic di media sosial.

Saat ditanya tentang kesiapan Otto sebagai pengacara Setya Novanto jikalau nanti Ia dijadikan sindiran lewat meme dan sebagainya, Otto mengaku telah siap, “Tidak apa-apa. Dalam dunia ini selalu ada hitam dan putih,” ungkapnya.

Bahkan anggota keluarga Otto ada yang sempat menolak keputusannya untuk menjadi pengacara SetNov. Otto menjelaskan bahwa ada keluarga yang mendukung dan ada juga yang tidak mendukung. Ada mereka yang juga takut kena bully.

Otto pun sempat menggelar rapat bersama keluarga, “Anak saya mendukung. Dia bilang ke saya, kalau bukan papa yang meluruskan hukum, siapa lagi.”

Kemarin Senin (20/11), Otto juga sudah mendatangi rutan KPK untuk bertemu dengan Setya Novanto secara pribadi. Dan akhirnya dia resmi menjadi pengacara dan kuasa hukum dari ketua Umum Golkar tersebut.

Otto juga mengungkapkan bahwa dirinya sebetulnya sudah kenal lama sosok SetNov sejak tahun 1998. Namun, saat ditanya berapa tarif yang dia terima untuk menjadi pengacara Setya Novanto, pengacara kondang tersebut tidak mau mengungkapkan karena sebagai pengacara, Otto mengatakan bahwa uang memang perlu tetapi bukan yang utama.

Terima kasih telah membaca artikel

Siap Dibully Inilah Sosok Pengacara Setya Novanto yang Baru