Pemprov DKI Jakarta Sebut Perkantoran Jalankan Protokol Kesehatan

Jakarta

Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta mengatakan perkantoran menjalankan protokol kesehatan. Sehingga, ada kemungkinan kasus Corona (COVID-19) di perkantoran terjadi di luar lingkungan kantor.

“Dari berbagai perkantoran yang sudah kami cek di lapangan. Protokol kesehatan sudah dilakukan dengan baik. Tapi kembali ke individu masing-masing. Penularan bukan semata-mata dari yang di dalam gedung. Tapi permukiman atau di luar gedung,” ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widayastuti, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

“Jadi protokol yang melekat pada satu individu dan pada saat mereka berprilaku sosial di luar kantor itu juga termasuk. Contoh di luar kantor, jam istirahat makan, dan pada saat makan lupa, kan pasti buka masker dan berhadap-hadapan, itu berisiko,” ujarnya.

Menurut Widyastuti, penularan di klaster perkantoran bisa terjadi di luar atau lingkungan kantor. Sehingga, bisa terjadi berbagai kemungkinan lokasi penularan.

“Klaster perkantoran sebagai individu telah terjadi di komunitas atau lingkungan mereka. Pada saat kembali ke lingkungan mereka tidak terjaga itu berisiko. Klaster perkantoran itu sumber penularannya dari berbagai pihak. Memang bisa dari internal di dalam gedung atau kegiatan sosial di saat istirahat atau pulang kantor hingga di perjalanan atau aktivitas lainnya,” ujar Widyastuti.

Widyastuti tidak mengetahui secara pasti jumlah perkantoran di Jakarta yang saat ini sudah menjadi klaster penyebaran virus Corona. Namun, Widyastuti menyabut Dinas Kesehatan menerima laporan soal klaster di perkantoran.

“(Detailnya) saya nggak hafal, tapi dari tingkat perkantoran pusat, internal DKI, BUMN, kementerian lembaga, kantor swasta. OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di DKI mereka sudah melaporkan,” katanya.

Widyastuti meminta kepada para pengelola perkantoran untuk melapor ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta apabila ada karyawannya yang positif COVID-19. Setelah itu, petugas akan segera melakukan investigasi.

“Kami minta semua instansi hingga komunitas kalau memang positif dan belum kontak dengan tenaga kesehatan silakan hubungi. Tim kami akan langsung investigasi,” ucapnya.

(aik/aik)

Terima kasih telah membaca artikel

Pemprov DKI Jakarta Sebut Perkantoran Jalankan Protokol Kesehatan