MUI Kuningan Imbau Panitia Antar Daging Kurban ke Rumah Warga

Kuningan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kuningan mengimbau panitia penyembelihan hewan kurban untuk langsung mengantar daging kurban ke rumah warga. Ketua MUI Kabupaten Kuningan Dodo Syahida meminta panitia tidak membagikan kupon kepada warga karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi Corona.

“Untuk tahun ini petugas sebaiknya membagikan langsung dan mengantarkan ke rumah-rumah warga. Jadi tidak memberikan kupon kemudian masyarakat antri di tempat penyembelihan,” kata Dodo saat dihubungi Jumat (24/7/2020).

Dodo mengingatkan penyelenggara kegiatan Idul Adha untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai prosedur penyembelihan hewan kurban. “Selama kegiatan penyembelihan berlangsung petugas harus mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Begitu juga bagi petugas yang akan mengantarkan daging ke rumah warga,” ucapnya.

Selain itu, Dodo menegaskan, lokasi penyembelihan harus benar-benar steril serta memperhatikan kebersihan dan sarana sanitasi yang memadai. Ia menjelaskan pelaksanaan salat Idul Adha tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan salat Idul Fitri.

Menurutnya, salat Idul Adha akan dilaksanakan dengan menjaga jarak antar masing-masing jemaah. “Kalau untuk salat tidak jauh beda dengan Idul Fitri, nanti jaraknya sedikit kita renggangkan,” kata Dodo.

(bbn/bbn)

Terima kasih telah membaca artikel

MUI Kuningan Imbau Panitia Antar Daging Kurban ke Rumah Warga