Mengenang Cornelis Lay, Sosok Pembuat Pidato Jokowi dan Megawati

Yogyakarta

Wafatnya Guru Besar Fisipol UGM, Prof. Cornelis Lay menyisakan duka mendalam bagi PDIP. Cornelis Lay dikenal dekat dan menjadi orang yang kerap membuat draft pidato baik untuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi tidak hanya Pak Jokowi, tapi sejak Bu Mega saat pidato penting dan kaitan dengan ideologi Bung Karno yang membuat kerangka pidatonya Pak Cornelis Lay,” kata Ketua Tim Pemenangan Jokowi di DIY saat Pilpres 2019, Bambang Praswanto saat dihubungi detikcom, Kamis (6/8/2020).

“Bahkan, pidato pertama Pak Jokowi sebelum terpilih, saat di pantai kan deklarasi kemenangan itu juga dari Pak Cornelis, termasuk pidato pada 20 Oktober 2019 juga dibuat Pak Cornelis,” lanjutnya.

Bambang menyebut Cornelis Lay sangat paham dengan ajaran Bung Karno. Mengingat sejak menjadi mahasiswa, almarhum sudah bergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

“Sejak mahasiswa Cornelis GMNI, jadi otomatis kalau GMNI itu dekat dengan Bung Karno dan dekat dengan ajaran-ajaran Bung Karno. Sehingga dia memahami betul ajaran Bung Karno itu salah satunya masalah Pancasila dan Marhaenisme,” urainya.

Hal itu memantik timbulnya chemistry antara Cornelis Lay dengan PDIP, bahkan sejak era PDIP lama pada 9 Januari 1973. Selain itu, Cornelis Lay dikenal konsisten memegang prinsipnya yang dia bawa sejak era mahasiswa hingga wafatnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Mengenang Cornelis Lay, Sosok Pembuat Pidato Jokowi dan Megawati