Kasus Positif COVID-19 di Cimahi, Sumedang, dan Cirebon Bertambah

Cimahi

Kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19) di sejumlah daerah di Jabar mengalami peningkatan. Kota Cimahi bertambah 5 orang, Sumedang dua orang, begitu pula Kabupaten Cirebon dua orang.

Di Cimahi, lima orang yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari beberapa kelurahan seperti Kelurahan Cibabat dan Cibeureum. Namun belum diketahui darimana sumber penularannya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengungkapkan saat ini pihaknya fokus pada penanganan ke lima pasien tersebut.

“Betul ada penambahan lima kasus positif, tapi belum sempat ditelusuri sumber penularan mereka darimana. Karena datanya baru masuk kemarin,” ujar Chanifah saat dihubungi, Sabtu (25/7/2020).

Saat ini pihaknya akan langsung melakukan tracing kontak erat dari kelima pasien terkonfirmasi positif tersebut untuk menekan penyebaran di lingkungan tempat tinggal.

Berdasarkan data Dinkes Cimahi, saat ini total kasus COVID-19 di Kota Cimahi mencapai 117 kasus. Rinciannya 14 orang positif aktif, 99 dinyatakan sembuh, dan 4 orang meninggal dunia.

Penambahan juga terjadi di Kabupaten Cirebon. Dengan bertambahnya dua kasus baru, jumlah pasien positif COVID-19 mencapai 44 kasus.

Jubir GTPP COVID-19 Kabupaten Cirebon Sartono mengatakan kedua pasien anyar merupakan laki-laki. Untuk pasien kasus ke-43 berusia 47, dan kasus ke-44 berusia 19 tahun.

“Betul hari ini ada dua kasus. Pasien ke-43 ini kontak erat dengan, pasien kasus ke-42. Pasien asal Kecamatan Plered,” kata Sartono dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (25/7/2020).

Sementara itu, lanjut Sartono, pasien ke-44 merupakan warga Kecamatan Astanajapura. Saat ini pasien sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Waled Kabupaten Cirebon.

Selain mengumumkan adanya dua pasien anyar yang positif COVID-19. Sartono juga mengumumkan adanya dua pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh. Keduanya merupakan tenaga medis yang sempat dinyatakan positif.

“Kasus 27 dan 28, dua tenaga kesehatan (nakes) asal Kabupaten Cirebon yang bekerja di Kota Cirebon sembuh,” kata Sartono

Saat ini total pasien positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon mencapai 44 kasus. 16 pasien masih dirawat. Empat meninggal dunia. 24 pasien sembuh.

Penambahan dua kasus positif corona juga terjadi di Sumedang. Dari informasi yang didapat, dari dua pasien tersebut, satu pasien di antaranya berjenis kelamin perempuan yang berinisial M (49) asal warga Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Kemudian, satu pasien lagi berjenis kelamin laki-laki yang berinisial AD (54) berasal dari Desa Legok Kaler, kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang.

“Ya benar, ada penambahan dua orang positif, berdasarkan hasil swab test. Sekarang sudah dirawat dan isolasi di RSUD Sumedang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri melalui sambungan selular, Sabtu (25/7/2020).

Kata Iwa, salah satu pasien berinisial AD sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Namun pada 1 Juli 2020 lalu, yang bersangkutan pulang ke Sumedang karena sakit.

“Pasien positif tersebut sebelumnya sempat berobat di PKM kecamatan Conggeang selama 4 hari lalu dirawat di RSUD Sumedang dan sekaligus di rapid test dan hasilnya reaktif, kemudian dia di swab test dan hasilnya positif,” katanya.

Sedangkan untuk pasien yang berinisial M, dia memiliki riwat perjalanan ke salah satu klinik pengobatan di kota Bandung untuk mengantar anaknya yang sedang sakit.

“Jadi nampaknya dia terpapar karena kontak erat dengan seseorang yang positif COVID-19 di Bandung, untuk saat ini sedang di tracing dan sekarang juga kita sedang menunggu hasilnya,” ujar Iwa.

Hingga saat ini pihakanya mencatat ada 19 kasus positif COVID-19 di Sumedang, 16 orang di antaranya telah sembuh.

(ern/ern)

Terima kasih telah membaca artikel

Kasus Positif COVID-19 di Cimahi, Sumedang, dan Cirebon Bertambah