Ingin Ikut Tren Tiktok ‘Yoga’ Handstand Seperti Fuji? Awas Darah Tinggi

Jakarta

Di Tiktok kini marak beredar video orang-orang melakukan gerakan handstand ala yoga. Salah satu video viral beredar dibuat oleh Fuji, adik ipar dari mendiang Vanessa Angel. Namun rupanya, gerakan tersebut tak boleh dilakukan sembarang awam. Lantas, siapa yang tidak dianjurkan melakukan gerakan tersebut?

Mindfulness meditation practitioner, Edwin Tan, menjelaskan gerakan hanyalah salah satu bagian dari yoga. Lainnya, terdapat aspek latihan napas dan meditasi. Gerakan dalam video trend tersebut sebenarnya tergolong level ‘intermediate to advance’ dalam yoga, sehingga baiknya dilakukan di bawah pendampingan guru berpengalaman.

“Coba dengarkan badan sendiri karena setiap orang memiliki persiapan dan tubuh fisik berbeda-beda. Kalau tubuh melakukan hal ini, pasti pemanasan dulu. Apakah core-nya diaktifkan, atau pemanasan hip dulu atau pinggul. Kalau sudah terasa panas, baru kita lakukan hal ini. Jadi tidak serta-merta langsung ke arah posisi ini,” terangnya pada detikcom, Kamis (23/6/2022).

“Kedua, lebih aman lagi kalau memang ingin banget melakukan gerakan ini, mungkin bisa ke tempat kebugaran atau tempat yoga terdekat. Bisa mencari guru yang berpengalaman dengan arahan dulu dari gurunya, karena setiap orang badannya berbeda-beda. Kalau sudah nyaman, baru dilakukan. Itu paling aman,” sambungnya.

Selain gerakan memutar alias ‘Hip Rotation’ dalam trend tersebut, gerakan handstand juga disorot oleh Edwin. Gerakan ini sebenarnya bermanfaat, salah satunya membawa sirkulasi darah ke area kepala.

“Ini bagian dari inversion. Inversion artinya sesuatu yang gerakan kepalanya di bawah, kakinya di atas. Gerakan ini biasa tujuannya adalah membawa darah agar sirkulasi darah lebih lancar ke bagian kepala atau otak,” terangnya.

“Tapi tidak harus gerakan ini kok untuk supaya membawa darah ke otak. Bisa aja kita lakukan gerakan simpel, misalnya kakinya atau bokongnya ditempel ke tembok. Tiduran aja, punggung lurus di lantai, itu sudah membawa darah ke bagian otak,” imbuh Edwin.

Namun begitu, posisi ini tidak dianjurkan pada semua orang. Pada kondisi tertentu seperti sedang menstruasi, Edwin tidak menganjurkan posisi inversion.

“Tapi terutama untuk orang misalnya, gerakan ini tidak boleh dilakukan untuk orang yang menstruasi. Karena pada saat mens kan susah untuk darahnya terlalu, boost-nya terlalu kencang. Kalau membawa darah ke otak mungkin bisa pusing. Jadi hindari untuk wanita yang sedang mens kalau melakukan inversion atau kakinya di bawah,” pungkasnya.


Terima kasih telah membaca artikel

Ingin Ikut Tren Tiktok ‘Yoga’ Handstand Seperti Fuji? Awas Darah Tinggi