Ganjil Genap Di Tol Mana Saja Dan Kapan Saja?, Simak Ini!

Artikel Unik – Kebijakan ganjil genap di tol yang dikeluarkan demi mengurangi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek dianggap berhasil. Maka dari itu, kebijakan ini akan diterapkan kembali di dua ruas tol lain, yaitu, Tol Jagorawi juga Tol Jakarta-Tangerang.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mengatakan, untuk tol Jagorawi akan diterapkan dua peraturan yaitu penggunaan jalur khusus bus serta kebijakan ganjil genap di gerbang Tol Cibubur 2.

Disisi lain, kebijakan yang akan diterapkan di Tol Jakarta-Tangerang adalah sama seperti yang diterapkan di Jakarta-Cikampek. 3 kebijakan dijalankan sekaligus, yakni pengaturan operasi angkutan barang, jalur khusus bis, serta ganjil-genap. Ganjil genap di Tol akan diberlakukan pada gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2.

Lihat juga: Motor Loncin GP300 Dari China



Kepala BPTJ Bambang Prihartono menyampaikan, untuk kebijakan di Tol Jagorawi, BPTJ akan memberlakukan lajur khusus bus mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

“(Jalur khusus) Mulai Bogor hingga Pasar Rebo. Semangatnya sama, bagaimana supaya orang menggunakan fasilitas angkutan umum,” katanya di Menara Peninsula Jakarta, Kamis, 5 April 2018.

Tak cuma itu, beliau pun mengatakan akan menerapkan ganjil-genap di Tol Cibubur 2 mulai pukul 06.00 s/d 09.00 WIB. “Pertama jalur khusus bis, lalu ganjil-genap di pintu Tol Cibubur 2,” lanjutnya.

Setelah itu, untuk Tol Jakarta-Tangerang akan diberlakukan kebijakan yang persis dengan yang diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek. Kebijakan itu adalah untuk penerapan lajur khusus bus, pengaturan angkutan barang, dan ganjil genap di tol.

Ganjil genap ditetapkan pada gerbang Tol Kunciran 2 juga Tangerang 2. “Pertama, kami mau adakan layanan khusus untuk lajur bus. Kedua kami mau tidak mau harus atur perjalanan. Ketiga mengurai jumlah kendaraan melalui ganjil-genap. Ganjil genap akan kami terapkan pada Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2,” ungkapnya.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono bilang, sebelum penerapan ganjil genap akan diberlakukan uji coba terlebih dahulu. Untuk sosialiasi sekalian. Ujicoba dilakukan pada tanggal 16 April 2018.

“Tanggal 16 April 2018 akan kita mulai lakukan uji coba, tadinya akan mulai Mei,” katanya.

Beliau mengatakan, untuk penerapan ganjil-genap ini akan menunggu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) dulu. Setelah ada Permenhub keluar, kebijakan ini bisa dijalankan seutuhnya.

“Sehingga perkiraan awal Mei bisa diimplementasikan segera,” ujarnya.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan, ganjil genap di Tol Jagorawi serta Jakarta-Tangerang akan berlaku mulai Mei 2018. Jika ketentuan ini tidak dipatuhi, maka akan ada proses penegakan hukum. Bisa di tilang nih guys sepertinya.

“Ada sanksinya, tentu saja di tilang seperti penilangan biasa,” Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan.

Beliau mengatakan, sebelum peraturan berlaku, BPTJ akan menggelar uji coba ganjil genap di tol. Uji coba akan dilakukan pada tanggal 16 April 2018.

“Awal Mei mulai berlaku, namun uji coba 16 April 2018 akan menunggu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub),” katanya.

Kemenhub mengajukan penambahan jam ganjil genap di Jalan Thamrin sampai Sudirman. Langkah ini mau diambil gara-gara lancarnya beberapa ruas tol karena kebijakan ganjil genap tersebut.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono bilang, kebijakan ganjil genap saat ini baru berlaku di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Kedepannya akan ditambah salah satunya lagi di Tol Jagorawi. Karena ada penumpukan kendaraan di Cawang.

“Dengan ini diharapkan nantinya arus dari Bogor ke Jakarta akan semakin lancar. Karena saat ini ada penumpukan lalu lintas di area Cawang,” ujar dia.

Beliau mengatakan, jam ganjil genap di Thamrin-Sudirman akan mulai dari pukul 06.00 s/d 09.00 WIB. Sebelumnya, dari pukul 07.00 s/d 09.00 WIB.

“Kami akan berkoordinasi lagi dengan Dinas Perhubungan DKI. Dan salah satu strateginya ganjil genap di Thamrin Sudirman akan dimajukan mulai pukul 06.00 WIB,” ujarnya.

Ia menyampaikan, ganjil genap di Thamrin-Sudirman merupakan kewenangan dan keputusan pemerintah daerah itu sendiri. Beliau mengaku sudah berkoordinasi untuk memuluskan kebijakan tersebut.

“Hal ini merupakan kewenangan pemerintah daerah, maka itu kami harus berkoordinasi. Kita telah rapat 2 kali, kita telah sampaikan pembicaraan Dinas Perhubungan DKI. Dinas Perhubungan DKI sedang mendiskusikan internal lalu akan dilaporkan ke Pak Gubernur,” katanya.

ganjil genap di tol jakarta tangerang
ganjil genap di tol jakarta tangerang

Ganjil Genap Di Tol Mana Saja Dan Kapan Saja?, Simak Ini!

Jadi, rangkuman yang perlu di ingat adalah:

  1. Thamrin Sudirman ganjil genap mulai dari pukul 6 sampai 9 Pagi WIB.
  2. Ganjil genap di tol adalah untuk tol:
    1. Tol Jakarta-Cikampek.
    2. Tol Cibubur 2.
    3. Tol Kunciran 2.
    4. Tol Tangerang 2.
  3. Lajur khusus bus di Tol Jagorawi jam 6 sampa jam 9 pagi WIB.

Semoga Bermanfaat.
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: