Arak Bali Sembuhkan Pasien Corona Tanpa Gejala? Pakar: Perlu Uji Klinis

Jakarta

Arak bali diklaim bisa mengobati pasien virus Corona COVID-19. Gubernur Bali Wayan Koster menyebut arak bali ampuh menyembuhkan pasien Corona tanpa gejala.

Pasien positif Corona tanpa gejala disebut negatif usai menjalani metode pengobatan tradisional ini. Meski begitu, pakar menilai klaim tersebut harus berdasarkan uji klinis.

“Dalam dunia kedokteran modern, penggunaan obat selalu berdasar bukti. Bagaimana membuktikannya? Melalui uji klinis. Ini juga berlaku untuk obat tradisional, perlu penelitian lebih lanjut. Bukan apriori, tapi obat tradisional tadi harus dibuktikan dengan uji klinis yang baik,” kata Sukamto, dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, dikutip dari CNNIndonesia.com Rabu (22/7/2020).

Uji klinis menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memberikan klaim pada suatu obat. Menurut Sukamto, obat yang jelas-jelas sudah disepakati seperti klorokuin misalnya, bahkan sempat ditarik dari jurnal Lancet.

“Uji klinis selalu punya dasar. Untuk kasus arak Bali, perlu ada dasar berupa zat-zat aktif yang terkandung pada arak terutama zat aktif yang mampu membunuh virus. Bila tidak ada kejelasan, ini perlu dipertanyakan.

Selain itu, Sukamto menilai kandungan alkohol dalam arak Bali sebenarnya tidak berdampak besar pada kesehatan. “Ada zat toksiknya, etanol, ini merusak hati, gulanya tinggi, itu saja, enggak ada zat lain. Di riset ada kaidah yang namanya acceptable. Misal arak itu di samping untuk kesehatan, di kepercayaan tertentu enggak boleh,” kata Sukamto.

Sukamto menegaskan pasien Corona tanpa gejala tidak perlu diberi obat. Hal yang terpenting adalah mengisolasi diri agar tidak menularkan virus ke orang lain. Tidak lupa dipenuhi dengan asupan makanan yang bergizi dan cukup istirahat.

“Tubuh akan membentuk kekebalan yang akan mengeliminasi virus,” ujar Sukamto.

Usai disiplin melakukan isolasi diri, pasien Corona tanpa gejala juga disarankanSukamto untuk terus melakukan tes swab secara berkala.

Terima kasih telah membaca artikel

Arak Bali Sembuhkan Pasien Corona Tanpa Gejala? Pakar: Perlu Uji Klinis