33 Desa di Sumedang Rawan Alami Kekeringan Saat Musim Kemarau

Sumedang

Memasuki musim kemarau, sejumlah wilayah di Kabupaten Sumedang rawan terjadi kekeringan. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mulai melakukan persiapan guna menghadapi bencana di musim kemarau.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Sumedang, dari 10 kecamatan ada 33 desa yang rawan kekeringan. Dari data tersebut, terdapat 8.441 jiwa yang biasanya terdampak akibat kekeringan.

Dari 10 kecamatan itu adalah Kecamatan Jatigede 7 desa, Situraja 2 desa, Ujung Jaya 7 desa, Tanjung Medar 4 desa, Surian 3 desa, Cisitu 1 desa, Conggeang 2 desa, Buah Dua 4 desa, Sumedang Selatan 2 desa, dan Sumedang Utara 1 desa.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana mengatakan, sejumlah wilayah yang rawan itu biasanya terjadi bencana kekeringan seperti halnya kekeringan lahan pertanian dan krisis air bersih akibat irigasi kering, bahkan air dari Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) tidak mengalir dengan lancar.

“Kalau warga yang mengalami krisis air bersih itu karena mata air yang memang kering, terus biasanya yang langganan PDAM, tapi mereka juga suka memberikan solusi,” kata Ayi saat ditemui di kantornya, Kamis (4/8/2020).

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak akhir Juli 2020 sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Sumedang sudah memasuki musim kemarau.

“Jadi kami sudah menyiapkan antisipasi untuk mendeteksi dini wilayah yang rawan terjadi kekeringan saat musim kemarau itu bersama para camat,” ucap Ayi.

Untuk itu saat bencana kekeringan terjadi pihaknya akan terus bekerjasama dengan PDAM dan juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang untuk menangani bencana di musim kemarau tersebut.

“Untuk PDAM kami bekerjasama untuk menyediakan tanki air bersih, kalau dengan Dinas Pertanian, kami berkoordinasi untuk menangani lahan pertanian yang mengalami kekeringan,” katanya.

(mso/mso)

Terima kasih telah membaca artikel

33 Desa di Sumedang Rawan Alami Kekeringan Saat Musim Kemarau