3 Hal Penting Soal Ketersediaan Vaksin Corona di Indonesia, Apa Saja?

Jakarta

Saat ini, seluruh negara tengah berjuang untuk mengembangkan vaksin corona, begitupun di Indonesia. Salah satu upaya pengadaan vaksin adalah kerjasama. Dalam hal ini, kerjasama tersebut dilakukan oleh perusahaan farmasi China dengan Bio Farma, yang rencananya akan dilakukan uji klinis fase 3.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan vaksin ini menjadi salah satu program Perpres untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan menangani COVID-19. Pengembangan vaksin Corona yang dilakukan oleh Bio Farma dan Sinovac ini diharapkan bisa selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Kerja sama antara Biofarma dan Sinovac sekarang menuju fase 3. Harapannya, akan bisa selesai dalam waktu yang memadai,” kata Wiku dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Wiku mengatakan, dalam pembuatan vaksin tim Satgas Penanganan COVID-19 membentuk pakar-pakar untuk meneliti apakah vaksin Corona tersebut sesuai dan cocok untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, Wiku juga menyampaikan tiga hal penting yang diprioritaskan dalam pengembangan vaksin di Indonesia, yaitu:

1. Aman = Vaksin harus mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia, dan tidak memberikan efek samping.

2. Tepat = Vaksin yang dikembangkan bisa menimbulkan kekebalan spesifik terhadap jenis virus Corona yang beredar di Indonesia.

3. Cepat = Vaksin yang sedang dikembangkan diharapkan bisa menjalankan seluruh uji dengan cepat dan tepat untuk melindungi masyarakat Indonesia. Selain itu, vaksin ini diharapkan juga bisa diproduksi dengan cepat, baik, dan jumlahnya memadai untuk bisa diberikan pada rakyat Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel

3 Hal Penting Soal Ketersediaan Vaksin Corona di Indonesia, Apa Saja?