29 Juni Peringati Hari Nelayan Internasional, Simak Serba-serbinya

Jakarta

Tanggal 29 Juni memperingati Hari Nelayan Internasional (International Fisherman Day). Peringatan ini dalam rangka mengakui dan mengintegrasikan upaya para nelayan di seluruh dunia, serta merayakan semua orang yang terlibat di industri perikanan.

Mengingat nelayan di seluruh dunia memiliki peran yang sangat penting dalam rantai makanan karena ikan yang mereka tangkap merupakan sumber nutrisi utama bagi penduduk negara dan seluruh dunia (dalam hal ekspor).

Peringatan Hari Nelayan Internasional setiap tanggal 29 Juni ini diselenggarakan oleh Komite Hari Nelayan (Fisherman’s Day Committee) di berbagai negara dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Latar Belakang Peringatan

Hari Nelayan Internasional adalah hari kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Komite Hari Nelayan di berbagai negara di seluruh dunia. Mengutip National Today, hari ini untuk mempromosikan peningkatan dan pelestarian industri perikanan dengan merayakan kontribusi beragam nelayan.

Selain itu, hari ini juga diperuntukkan untuk memperkuat hubungan yang dapat diandalkan antara komunitas nelayan, vendor, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya yang bertujuan membangun sektor perikanan yang menguntungkan dan berkelanjutan.


ADVERTISEMENT

Banyak orang di seluruh dunia seperti pembeli ikan, perusahaan ikan besar, masyarakat lokal, dan nelayan memperingati 29 Juni sebagai waktu khusus untuk bekerja sama, dan berjejaring, untuk menjual, membeli, dan menghargai upaya semua orang untuk membuat industri perikanan menjadi industri yang sangat berkelanjutan.

Sejarah Waktu Peringatan

Mengutip National Today dan Holiday Calendar, berikut sejarah garis waktu peringatan Hari Nelayan Internasional sejak awal sampai akhirnya dibentuk peringatan internasionalnya setiap tanggal 29 Juni:

  • 1800-an: Dampak Revolusi Industri terhadap Penangkapan Ikan
    Revolusi Industri mendorong penemuan kapal bertenaga uap dan alat tangkap baru, yang memungkinkan teknik penangkapan ikan yang lebih efisien pada periode ini.
  • 1952: Pengenalan Sonar dalam Penangkapan Ikan
    Perangkat sonar (alat bantu navigasi suara) pertama diperkenalkan untuk penangkapan ikan komersial, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan industri ini dalam menemukan lokasi gerombolan ikan.
  • 1973: Pembentukan Zona Ekonomi Eksklusif
    Deklarasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) oleh banyak negara yang mengatur penangkapan ikan internasional dan meningkatkan pengelolaan sumber daya laut.
  • 1995: Persetujuan Stok Ikan yang Mengangkangi PBB
    Perjanjian Sediaan Ikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan peraturan internasional untuk konservasi dan pengelolaan sediaan ikan yang terbatas dan sediaan ikan yang bermigrasi tinggi.
  • 2006: Bangkitnya Gerakan Penangkapan Ikan Berkelanjutan
    Gerakan penangkapan ikan berkelanjutan mendapatkan daya tarik, dengan meningkatnya jumlah perikanan yang disertifikasi sebagai berkelanjutan.
  • Peringatan Hari Nelayan Internasional 29 Juni
    Perayaan Hari Nelayan Internasional ditetapkan untuk menghormati para nelayan di seluruh dunia, meskipun tahun pastinya tidak diketahui.

(wia/imk)

Terima kasih telah membaca artikel

29 Juni Peringati Hari Nelayan Internasional, Simak Serba-serbinya